TUGAS MATA KULIAH SURVEILENS EPIDEMIOLOGI

I. Stakeholders dan Peranan yang Dapat Dilakukan oleh Stakeholders dalam Masalah Penyakit Malaria
Program Pemberantasan Penyakit dan Program Gizi di suatu Dinas Kesehatan tertentu juga bisa menjadi stakeholder lintas program. Dengan demikian, maka orang Gizi harus mengetahui permasalahan kebutuhan yang ada. Peran stakeholder bagian gizi dengan penyakit Malaria misalnya bagaimana memberiakan KIE tentang kecukupan zat gizi agar penderita penyakit Malaria bisa sembuh dan bagaimana tindakan preventif dilihat dari sudut pandang gizi. Dengan adanya kerjasama yang baik, diharapkan program ini akan berjalan dengan lancar.
Program Pemberantasan Penyakit dan Program Penyehatan Lingkungan harus bisa menjadi stakeholder lintas program. Disini, peran stakeholder dari penyehatan lingkungan adalah untuk menciptakan lingkungan fisik dan lingkungan social yang bersih, nyaman, aman, dan sehat melalui perbaikan lingkungan dan kesehatan lingkungan dan dilakukan melalui peningkatan cakupan air bersih, penyehatan perumahan dan tempat-tempat umum serta pengendalian lingkungan. Dengan demikian baik orang penyehatan lingkungan maupun orang pemberantasan penyakit harus mengerti permasalahan kebutuhan yang ada, demi berjalannya kegiatan tersebut.
Program Pemberantasan Penyakit dan Program Promosi Kesehatan di suatu Dinas Kesehatan tertentu juga bisa menjadi stakeholder lintas program maka orang promosi kesehatan harus mengetahui permasalahan kebutuhan yang ada. Sehingga program promosi kesehatan (penyuluhan) sesuai dengan kebutuhan permasalahan yang ada dan bisa dilakukan penyuluhan dengan sebaik-baiknya.
Dalam melakukan program pemberantasan penyakit Malaria di suatu wilayah kita memerlukan sector Dinas Pendidikan karena secara epidemiologis penyebaran penyakit di kalangan anak usia sekolah masih tinggi. Maka dari itu, yang mempunyai kewenangan untuk memerintahkan menjaga kebersihan adalah dinas pendidikan setempat. Untuk itu kita harus menggandeng dinas pendidikan untuk kegiatan tersebut.

II. Stakeholders dan Peranan yang Dapat Dilakukan oleh Stakeholders dalam Masalah Penyakit PD3I
Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dalam melaksanakan BIAS ( Bulan Imunisasi Anak Sekolah) , hal ini dilakukan karena sasaran dari imunisasi adalah merupakan anak usia sekolah dan dilaksanakan di sekolah.
Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Departemen Agama menetapkan bahwa calon pengantin wanita telah diberi imunisasi TT. Hal ini telah dimasukkan dalam Peraturan Daerah tentang pemeriksaan calon pengantin. Kerjasama yang lain adalah pemberian imunisasi meningitis pada calon ibadah haji
Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja bekerjasama dalam pemberian vaksin tetanus toksoid pada tenaga kerja wanita usia subur. Selain itu, dilakukan kerja sama dalam program Pemberian vaksin pada tenaga kerja yang mendapat paparan virus. Misalnya pemberian vaksin rabies pada pekerja yang bekerja dengan hewan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s